Rabu, 27 Januari 2010

Note : jadi mahasiwa UGM gak cuma hak orang pinter aja..

Berikut ini merupakan note yang saya ambil dari fb milik mz Fajar Subekti Wirawan, atau mz jonet. Awalnya saya hanya minta ijin ngopy note ini untuk seorang sahabat yang mungkin membutuhkannya. ternyata oleh sang pemilik malah disuruh mempublikasikannya kembali, siapa tau bermanfaat. Ya, ternyata bukan siapa tau. ini memang bermanfaat, khususnya bagi adek2 atau saudara2 yang sedang menghadapi UM. berikut note lengkapnya...

----------------------------------------------------------------------------------------------------

alasan kenapa mereka ingin masuk UGM karena UGM merupakan salah satu Universitas terbaik di Indonesia. kalo di dunia gak tau ya. lalu anak sma yang ingin kuliah di UGM berusaha agar dirinya diterima di UGM, baik dari jalur Penelusuran bakat (PB-PB) ato UM ato SNMPTN (jamanku SPMB).

UM UGM mungkin salah satu jalur yang paling favorit. Dulu sih mahasiswa paling banyak diterima di jalur ini (sekitar 60%). makanya banyak anak SMA berusaha mati2an buat bisa tembus UM. mulai dari les umum, les privat, ikut Try out, dsb.selain itu biaya lewat UM paling terjangkau.

sebagai orang yang pernah ikut UM , saya mau share aja. dulunya setiap try out, baik disekolah, di bimbel, ato di manapun, saya hampir tidak pernah dinyatakan tembus di pilihan saya. (teknik ELektro). kalo try out di sekolah kan dirangking. dari 158 siswa IPA di sekolah saya, saya masuk 10 BESAR bawah.

sampai HARI2 AHIR, nasibku juga belum berubah..
-sebuah bimbel mengatakan TE punya passing grade sekitar 55% keatas. nilai maksimal saya dalam tryout cuma sekitar 20%, 30%, gak lebih dari 40%. jauh dah!
nah,di bimbel itu ada layanan konsultasi siswa. saat konsultasi konsultan saya yang seorang tentor mengatakan saya sebaiknya ambil jurusan dengan passing grade yang lebih rendah (dengan kata lain bukan TE, Kedokteran, iLkom, dll).

-ternyata disekolah, guru saya jga berkata tak jauh beda dengan konsultan bimbel.

dengan dua hal di atas, saya sempat drop. mungkin saya harus lebih realistis.
tapi sayangnya saya tidak tertarik selain jurusan lain. maka saya tetap bersikukuh dengan TEKnik ELEKTRO UGM. gak peduli orang bilang apa.


....

sekarang SAYA KULIAH DI TEKNIK ELEKTRO UGM angkatan 2007. dengan sumbangan 5 juta.

kok bisa?
ya bisa donk. karena saya punya cara dan strategi sendiri..

ternyata teman2 saya di TE, gak semuanya merupakan anak pintar dan berprestasi saat mereka SMA ato SMP.
dosen saya berkata, bahwa di angkatan 2007 passing grade TE lebih tinggi dari PD.hehe..narsis dikit..

info aja:
saya gak ikut jalur
-PBS (karena kondisi keuangan orang tua tidak mencukupi),
-PBUTM (karena selama SMA prestasi saya tidak ada sama sekali dan saya merasa otak saya tak sebaik teman2 saya yang lain)
-PBOS (meski masuk tim basket sma, tapi masih di bawah standar),
dan PB2 yang lain..


setelah saya di terima di teknik elektro UGM, saya menyadari satu hal. yaitu apa yang saya pikirkan saat belum diterima tidak semua tepat. kenyataanya masuk UGM gak separah itu kalo caranya bener.

sekian dari saya,semoga bermanfaat..

1 komentar: