Rabu, 27 Januari 2010

Saklar Pijar : Dalam Gelap Indahnya Dirimu

Saklar pijar, merupakan sebuah inovasi baru dari kami yang rencananya akan kami ajukan proposalnya dalam Elnino, Elektro New Innovation, sebuah kompetisi bergengsi internal te ugm. Ide alat ini muncul setelah melihat sebuah keadaan di lingkungan sekitar kita. Orang-orang sering kali kesulitan menyalakan lampu pada sebuah ruangan di malam hari karena tidak dapat dengan cepat menemukan di mana saklar berada.


Sebagai contoh, misalnya sebagai anak kos, ketika kita harus lembur mengerjakan sesuatu di kampus atau ada urusan di tempat lain yang mengharuskan kita pulang ke kos pada malam hari. Ketika kita masuk kamar kita yang masih gelap, biasanya kita akan kesulitan menemukan saklar di tengah kegelapan kamar. Kita harus meraba-raba, atau mungkin kita harus mencari sumber penerangan lain untuk menemukan saklar tersebut.


Karena menyalakan lampu adalah sesuatu yang pasti setiap hari kita lakukan, menurut kami dibutuhkan sebuah solusi yang dapat memudahkan kita melaukan rutinitas itu. Dibutuhkan sebuah inovasi yang dapat memudahkan kita untuk mencari letak saklar di sebuah ruangan yang gelap.


Kami mencoba untuk memodifikasi saklar yang sudah biasa kita gunakan saat ini dengan menambahkan sesuatu yang dapat memudahkan kita melihat saklar itu dalam kegelapan. Menurut desain yang kami buat, saklar ini dapat memberikan cahaya sehingga kita dengan cepat akan menemukannya dalam gelap, dengan kata lain saklar ini dapat menyala sehingga kami memberi nama alat ini “Saklar Pijar”. Saklar pijar ini memiliki dua fungsi utama, yang pertama yaitu memudahkan kita menemukan letak saklar di dalam kegelapan, dan yang kedua sebagai lampu tidur. Dapat kita gunakan sebagai lampu tidur karena saklar ini menyala layaknya lampu tidur yang cahayanya tidak terlalu terang.


Untuk cara pemakaian saklar pijar ini tidak ada bedanya dengan saklar biasa, tinggal tekan on untuk menyalakan lampu atau off untuk mematikan lampu. Kami hanya memfokuskan pada penambahan fungsi dari saklar itu sendiri. Ketika kita menyalakan lampu, saklar pijar akan mati. Sedangkan ketika lampu kita matikan, saklar akan menyala, sehingga saat kita hendak menyalakan lagi lampu itu di malam hari kita akan dengan mudah menemukan di mana letak saklar itu berada.


Jika dibanding desain alat yang lain dari para kompetitor kami, mungkin alat kami ini masih cukup sederhana. Kami memang tidak ingin muluk-muluk dalam merancang desain inovasi ini. Yang ingin kami capai dari alat ini adalah, sesuai tujuan kami, dapat memberi kontribusi yang bermanfaat bagi orang lain dan dapat dirasakan oleh semua kalangan masyarakat, bukan hanya lapisan masyarakat tertentu saja. Kami tidak ingin menciptakan sebuah alat dengan teknologi yang sangat tinggi, namun sulit diaplikasikan di lingkungan sekitar.


Akhir-akhir ini sering terdengar tuntutan masyarakat kepada mahasiswa seperti kami untuk memberikan sebuah kontribusi yang dapat dirasakan oleh masyarakat luas. Tidak mengherankan karena memang jarang ada sebuah karya mahasiswa yang langsung mendapat tempat di hati masyarakat dan memberi kontribusi positif bagi lingkungan. Oleh karena itu, kami mencoba membuat desain sederhana ini dengan harapan dapat menjawab permasalahan di atas.


Kita tunggu keputusan panitia, dosen, dan jurusan, apakah karya ini pantas untuk direalisasikan. Semoga kerja keras kami selama liburan ini berbuah manis. Amiin..

Oleh :

Bayu TE 2009

Emir El Fiqhar TE 2009

Luthfi Rizal Listyandi TE 2009

Guntur Dharma Putra TE 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar