Rabu, 09 Februari 2011

Sajian Kebudayaan Khas Yogyakarta (1)

Siapapun Anda yang sedang berkunjung atau berada di Yogyakarta, sangat dianjurkan untuk datang ke acara-acara berikut. Sebagai mahasiswa, misalnya, yang jauh-jauh menuntut ilmu ke kota budaya ini, bisa dibilang rugi besar jika Anda melewatkan hari-hari Anda hanya untuk berkutat dengan materi-materi kuliah, baik di kampus maupun di kost. Ada baiknya Anda keluar sejenak menikmati sisi lain kota ini, melihat betapa kayanya negeri ini. Berikut ini beberapa event budaya tahunan di sekitar kota Yogyakarta yang sungguh sayang untuk Anda lewatkan.

1. Sekaten

Sekaten merupakan sebuah upacara adat yang digunakan untuk memperingati Maulud Nabi Muhammad SAW, atau kelahiran Nabi Muhammad SAW. Sebelum acara puncak yang disebut Grebeg Mulud, terlebih dahulu diadakan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) selama sebulan penuh, bertempat di Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. PMPS inilah yang selalu ditunggu masyarakat Yogyakarta setiap tahunnya. Di sini, Anda dapat menemukan berbagai macam permainan khas pasar malam seperti komedi putar, ombak banyu, tong stand, dan rumah hantu. Beberapa makanan & minuman khas seperti kerak telor, wedang ronde, serta nasi kucing juga bisa dengan mudah Anda temukan di sini. Secara umum memang tidak ada yang berbeda dengan pasar malam lainnya. Namun, suasananya yang ramai tapi ramah khas orang Yogyakarta membuat masyarakat selalu kangen dengan kehadiran PMPS ini.

Tahun ini, PMPS berlangsung selama sebulan lebih dari tanggal 7 Januari - 26 Februari 2011, dengan mengusung tema besar "Harmoni Budaya, Ekonomi, dan Religi."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar